Background

Jurus Ampuh Hilangkan Ngantuk Usai Makan


Rasa kantuk seringkali datang tidak pada waktunya, salah satunya adalah saat setelah makan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh porsi makan yang terlalu banyak.

Saat Anda mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar, darah dialihkan ke usus untuk mencerna makanan. Hal ini berarti, oksigen yang mencapai otak lebih sedikit, sehingga menimbulkan kelelahan dan rasa kantuk.

Selain itu rasa kantuk bisa disebabkan karena adanya perubahan sementara kadar pH dalam darah. Bikarbonat dilepaskan untuk mengimbangi perubahan yang menyebabkan pH darah menjadi lebih basa dan menyebabkan kantuk. Kondisi ini disebut 'alkaline tide', yang terjadi saat asam lambung dilepaskan untuk mencerna makanan.


Beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk mencegah mengantuk setelah makan adalah sebagai berikut:

Salah satu kunci untuk mengatasi kantuk setelah makan adalah jangan makan berlebihan. Saat sarapan konsumsilah makanan yang mengandung protein tinggi. Lalu, menjelang siang, konsumsilah kudapan sehat dan kurangi porsi makan siang yang biasanya dalam jumlah besar.

Cara lain untuk mencegah kantuk adalah, ubah komposisi menu makanan. Pilih karbohidrat sederhana seperti kentang, beras putih, atau pasta, dalam porsi secukupnya.


Categories: Share

Leave a Reply